Senin, 11 Mei 2009

Alfa Protein Stabilkan Emosi Bayi

PEMILIHAN nutrisi sangat penting. Sebab, faktor itulah yang menentukan tingkat kecerdasan anak. Di antara sekian banyak nutrisi yang dibutuhkan anak, ada alfa protein.

Menurut dr Martono Tri Utomo SpA, alfa protein sejenis asam amino esensial yang tak diproduksi tubuh. Anak sebaiknya memperoleh suplai bahan makanan yang mengandung banyak alfa protein. "Yang paling ideal ya ASI (air susu ibu, Red). Kandungan alfa protein di dalamnya mencapai 22 persen," tutur spesialis anak RS Spesialis Husada Utama, Surabaya, itu.

Selain ASI, alfa protein terkandung di dalam susu formula. Tapi, jumlahnya tak sebanyak pada ASI, sebesar 18 persen saja. Sementara itu, kandungan alfa protein pada susu biasa (nonformula) sebesar 9 persen.

Martono mengatakan banyak sekali manfaat alfa protein. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan triptofan yang membuat bayi bisa tidur nyenyak dan meningkatkan aktivitas pembentukan serotonin pada otak. Bahan tersebut tergolong modulator kapasitas kerja otak. Termasuk regulasi stabilitas emosi, daya tangkap, dan selera makan. Selain itu, bahan tersebut memiliki efek meredakan rasa sakit. "Akibatnya, bayi tak mudah stress dan selalu gembira (rileks, Red)," ungkapnya.

Zat itu menurunkan risiko anak mengalami intoleransi akibat protein susu hewan dan beberapa gangguan pencernaan lain. Misalnya perut kembung, muntah, ataupun gumoh berkepanjangan. Sebab, alfa protein meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan. Hal tersebut mengurangi kemungkinan bayi sakit. Apalagi, struktur alfa protein tergolong sederhana sehingga mudah diserap tubuh si kecil.

Martono menambahkan, pemenuhan nutrisi memang penting, tapi juga harus diimbangi dengan stimulasi. Pemberian rangsang pada anak harus disesuaikan dengan usia. Dengan begitu, hasilnya bisa optimal. "Stimulasi itu dilakukan terus-menerus, paling tidak ketika anak masih berada dalam tahap golden period perkembangan otak," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Photobucket Indonesian peoples thing..